Senin, 22 Januari 2024, menjadi awal dari rangkaian ujian penting bagi siswa kelas akhir di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami. Ujian praktek Amaliyah Tadris, salah satu tahap ujian kelulusan, kini telah resmi dimulai dan akan berlangsung hingga Kamis, 25 Januari 2024.

Ujian ini berfokus pada praktek mengajar, mulai dari proses membuat I’dad (rencana pembelajaran) hingga pelaksanaan pengajaran yang sebenarnya (naked). Siswa-siswa kelas Niha’i diharapkan mampu menunjukkan kemampuan mengajar mereka dengan baik dan penuh dedikasi.

Pesantren menetapkan jadwal praktek pada waktu KBM dimulai dari jam kedua. Setiap siswa mendapatkan giliran untuk mengajar, diikuti dengan sesi naked untuk jam-jam berikutnya hingga akhir sesi. Proses ujian ini menjadi tantangan sekaligus peluang bagi para siswa untuk membuktikan kemampuan dan keahlian mereka dalam menyampaikan ilmu agama.

Ustadz Heriyanto Wazir, selaku pembimbing ujian Amaliyah Tadris, memberikan motivasi dan arahan kepada para siswa, “Kalian harus menjalani ujian ini dengan serius, karena disinilah kemampuan mengajar kalian diuji. Dengan izin Allah, kalian semua, ketika pulang nanti, bisa menjadi pengajar-pengajar ilmu agama di masyarakat.”

Semangat dan usaha keras para siswa diharapkan dapat menjadi landasan untuk kesuksesan mereka tidak hanya dalam ujian kelulusan, tetapi juga di masa depan sebagai pengajar agama yang berdedikasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.