Jakarta, 22 Mei 2024 – Perpustakaan HB Jasin di Taman Ismail Marzuki, Cikini, Jakarta, diramaikan dengan kegiatan Workshop Eksplanasi dan Peluncuran Buku Program Pengembangan Literasi Santri “One Santri One Book” pada hari Rabu, 22 Mei 2024. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip DKI Jakarta, perwakilan Pertamina Foundation, pegiat literasi, pimpinan pondok pesantren, dan para santri.

Workshop Eksplanasi menghadirkan dua pemateri ternama, Dr. Rias A. Suharjo dan Ust. Dr. Saiful Falah, yang membahas tentang pentingnya naskah kuno dan upaya pelestariannya. Para peserta workshop mendapatkan informasi berharga tentang sejarah, isi, dan nilai-nilai yang terkandung dalam naskah kuno.

Acara dilanjutkan dengan peluncuran buku “One Santri One Book”, sebuah program yang bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan menulis santri, serta menghasilkan karya tulis yang berkualitas. Program ini telah menghasilkan 55 naskah dari para santri di berbagai pondok pesantren. Salah satu naskah terbaik, “Hanin Find The Father” karya Ghaitsa Zahratul Aulia dari Ponpes Ummul Quro, bahkan terpilih sebagai naskah terbaik.

Program “One Santri One Book” diharapkan dapat menjadi langkah awal dalam meningkatkan literasi di kalangan santri dan menghasilkan generasi muda yang cinta budaya dan pengetahuan.

Tentang “One Santri One Book”

“One Santri One Book” adalah program pengembangan literasi santri yang diinisiasi oleh Santri Nulis dengan dukungan dari Pertamina Foundation. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat baca dan menulis santri, serta menghasilkan karya tulis yang berkualitas. Santri di berbagai pondok pesantren diundang untuk mengikuti program ini dan menghasilkan karya tulis dalam bentuk buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published.