Redaktur MISSI

MISSI GRUP
[Majalah MISSI, Writer Club, IQ Club, Desain Grafis, Fotografi ]

 

Visi :
Menjadi grup media unggulan Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami yang inspiratif, informative, dan kreatif guna semakin mempersatukan dan memajukan insan di dalam dan di luar pesantren.

Misi :
Mengadakan kegiatan jurnalistik dan literature, fotografi serta desain grafis yang terintegrasi dengan santri dan IKAPMI (Ikatan Keluarga Besar dan Alumni Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami)

Profil :
MISSI Grup sebuah Grup Media yang sebelumnya hanya bergerak di kegiatan jurnalistik dan media cetak (Majalah) dwibulanan bernama Majalah MISSI dengan Alm. Ust. H. Masykur Rahiem, S.Pd.I sebagai pendirinya sejak tahun 1994. Atas dasar perintah sekretaris pesantren, Ust. Saiful Falah, M.Pd.I pada tahun 2014 Abdul Rosyid diamanahkan menjadi penanggung jawab MISSI baru. Selain ditunjuk sebagai penanggung jawab juga sebagai pimpinan redaksi Majalah MISSI yang dipersipkan untuk GO Public bersama sejumlah alumni UQI, pengganti almarhum juga diperintahkan untuk membagi keanggotaan santri MISSI menjadi 4, 2 bagian utama yaitu IQ Club untuk santri tsanawiyah dan writer club untuk santri Aliyah, anggota MISSI keduanya juga dibagi lagi berdasarkan putra dan putri.

Sepeninggal pendirinya, pada 24 Maret 2014 Abdul Rosyid mengadakan Launching perdana MISSI edisi 1 dengan model dan konsep baru. Tak hanya itu konsep MISSI Grup juga diperkenalkan yang tak hanya bergerak di bidang jurnalistik dan literasi tapi juga fotografi dan desain grafis. Hal ini bertujuan agar kegiatan penerbitan majalah, bulletin dan madding di Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami bias terintegrasi dengan baik.

“Media Inspirasi Pemersatu UQI” sebetulnya tidak hanya sebatas tagline di majalah MISSI tapi merupakan landasan berpikir dan memiliki tujuan utama bagi seluruh anggota MISSI untuk semakin mempersatukan santri, Alumni, asatidz dan pengurus Pesantren Modern Ummul Quro Al-Islami dengan media missi. Maka MISSI saat ini dikelola oleh asatidz dan santri serta alumni diluar pesantren agara MISSI bias lebih maju dan tetap memiliki ikatan Keluarga PM. UQI

Dalam kegiatan jurnalistik, literature, fotografi, dan desain grafis untuk santri, asatidz dan alumni PM UQI, MISSI Grup membaginya ke dalam lima Kelompok media :

 

1. Majalah MISSI
Adalah majalah dwibulanan inspiratif yang concern kepada pengembangan generasi muda Indonesia, terutama generasi muda yang erat kaitannya dengan Pesantren Modern (PM) Ummul Quro Al-Islami ,baik Santri/ Wati dan Wali Santri, Asatidz, maupun Alumni UQI serta sejumlah masyarakat yang berdomisli di beberapa daerah di Indonesia maupun luar negeri. Kepengurusan redaksi majalah MISSI saat ini diisi oleh sejumlah alumni dengan tetap melibatkan beberapa santri anggota MISSI agar bias terinpirasi dan belajar lebih professional dalam kegiatan keredaksian. Visi kedepannya Majalah MISSI bias turut meramaikan jagat media massa tanah air.

2. Writer Club dan IQ Club
Adalah wadah kegiatan ekstrakulikuler jurnalistik dan literature bagi santri Madrsah Aliyah (Writer Club) dan santri Madrsah Tsanawiyah (IQ Club) di pesantren Modern Ummul Quro Al-Isalami. Keanggotaannya dipilih berdasarkan hasil seleksi masuk tertulis, praktek dan interview. Anggota MISSI Writer dan IQ Club tidak hanya menerima materi pembelajaran jurnalistik dan literature pada setiap kelas menulis, namun juga menerbitka bulletin dan madding di beberapa kesempatan.

3. Design Graphic
Adalah wadah kegiatan ekstrakulikuler desain dan layouting bagi santri Madrsah Aliyah dan Tsanawiyah di Pesantrren Modern Ummul Quro Al-Islami. Keanggotaanya dipilih erdasarkan hasil seleksi tes tulis, praktek dan interview. Anggota MISSI photography tidak hanya menerima materi pembelajaran pada kelas fotografi saja, namun juga turut melengkapi kebutuhan foto pada sejumlah media cetak yang diterbitkan oleh MISSI Grup. Tak hanya itu, MISSI photography juga diharapkan turut mampu mendokumentasikan acara, kegiatan atau kejadian penting PM UQI beberapa waktu tertentu.

4. Teacher’s Note
Adalah bulletin bulanan yang menjadi media para Asatidz PM UQI berkarya dalam bentuk tulisan. Isi tulisan berupa gagasan, opini maupun kritik halus terhadap apapun yang menjadi daya Tarik penulis itu sendiri. Kepengurusan redaksinya adalah Pengurus MISSI Grup sendiri namun untuk pengisian setiap rubrikasi berdasarkan sejumlah tulisan atau naskah dari asatidz yang mengirimkan.

 

Program :

Harian
– Melakukan kegiatan jurnalistik, fotografi, dan desain grafis baik di dalam maupun diluar lingkungan pesantren.

Mingguan
– Mengikuti kelas pelatihan menulis, hunting fotografi dan kelas desain grafis

Bulanan
– Mengadakan rapat redaksi
– Mengadakan terbitan tercetak bulletin Teacher’s Note dan madding MISSI

Dwibulanan
– Mengadakan terbitan Majalah MISSI

Tahunan
– Mengadakan “MISSIisME” (Perekrutan Keanggotaan MISSI Baru)

Insidentil
– Mengadakan “MISSI dan KITA” (Konsolidasi dan Revitalisasi keanggotaan MISS baru dan lama)
– MISSI Exhibition (Pameran Karya Keanggotaan Jurnalis, Fotografer dan Desainer MISSI)
– Mendatangkan penulis, jurnalis, fotografer, dan desainer professional untuk seminar atau workshop bagi anggota MISSI

GALLERY KEGIATAN MISSI GRUP

The gallery was not found!

2017 Modified By: Pesantren Modern Ummul Quro Al Islami | UQI Cyber Team