Marawis

MARAWIS

Visi
Melestarikan dan menjaga kebudayaan dan seni musik islami.

Misi
Ekskul ini menjadi sarana untk Mengembangkan bakat dan skil santri dalam seni, juga menjadi dakwah yang menarik dalam menyebarkan syiar islam.

Profil

Sejarah masuknya marawis ke Indonesia, pertama kali dibawa oleh ulama Hadramaut (yaman) yang berdakwah ke Indonesia dan di pentaskan pertama kali di Madura sekitar tahun 1892. Marawis adalah salah satu jenis music perkusi dengan unsur religious yang kental. Dibawakan untuk mengiringi shalawat atau pujian kepada Allah dan Rasul, disertai tari-tarian sufistik.

Marawis adalah salah satu jenis “band tepuk” dengan perkusi sebagai alat music utamanya. Music ini  merupakan kolabrasi antara timur tengah dan betawi, dan memiliki unsur keagamaan yang kental. Itu tercermin dari berbagai lirik lagu yang dibawakan yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta.

Marawis mulai diajarkan kepada santri UQI mulai tahun 2003. Semenjak itu seni music ini banyak disukai dan digandrungi oleh para santri. Tim marawis Ummul Quro sudah beberapa kali menjuarai festifal music islami. Selain itu, sudah beberapa kali pengurus pesantren mengadakan lomba marawis untuk memeriahkan acara Milad UQI

Program :
Harian
Mengadaka kursus bagi santri

Minggguan
Latihan grup senior

Tahunan
1. Perekrutan tim personil marawis
2. Mengikuti atau mengaakan lomba marawis

GALLERY KEGIATAN MARAWIS

661 Marawis

2017 Modified By: Pesantren Modern Ummul Quro Al Islami | UQI Cyber Team