BOGOR, Pesantren Ummul Quro Al-Islami selalu memberikan apresiasi kepada para santri yang telah merelakan waktu mereka untuk menghafal Al-Qur’an dengan menggelar Ujian Tahfidz Terbuka, Minggu (22/4). Acara ini merupakan kali ketiganya yang diselenggarakan secara umum di Basement Masjid Jami Ummul Quro Al-Islami dan dihadiri oleh para wali santri serta segenap jajaran guru pesantren.

Ustadz Syafi’i Pasaroja, selaku sekretaris Majelis Pembimbing Organisasi ISPAUQI 2018/2019 menuturkan bahwa anak-anak tahfidz bukan hanya menghafal, tapi juga harus diuji hafalannya agar dapat diketahui kekuatan hafalan mereka dan diketahui juga kualitas bacaan dari tajwid dan makhorijul hurufnya.

Diambil dari keterangan tertulis panitia Ujian Tahfidz Terbuka tercatat bahwa acara ini diikuti oleh delapan puluh santri tahfidz dengan kriteria hafalan paling sedikit 1 juz hingga hafalan paling banyak 10 juz.

Pertanyaan yang diujikan pun sesuai dengan banyaknya hafalan santri tahfidz tersebut. Di barisan pertama ujian tahfidz dengan kriteria hafalan 8 juz. Barisan kedua dengan kriteria hafalan 7 juz. Barisan ketiga dan keempat dengan kriteria hafalan 5 juz. Barisan kelima dan keenam dengan kriteria hafalan 2 juz. Barisan ketujuh dengan kriteria hafalan 1 juz.

Musyrif Tahfidzul Qur’an, Al-Ustadz Nendra Ahmad Shobari Al-Hafidz berkata, “Uji publik ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan kesadaran bagi para santri tahfidz akan pentingnya menjaga hafalan. Sehingga kapanpun dan dimanapun mereka berada, hafalan Al-Qur’an selalu ada dalam hati mereka.”

Dalam kesempatan itu pula, Ustadz Sirojudin Al-Hafidz sebagai pelaksana acara memberi pesan kepada para santri tahfidz agar selalu menjaga hafalan mereka karena menjaga hafalan itu lebih sulit daripada menghafal.

Setelah suksesnya acara Ujian Tahfidz Terbuka ini, besar harapannya para santri tahfidz semakin termotivasi untuk menjadi Penghafal Al-Qur’an sejati dengan mengaplikasikan ayat-ayat yang mereka telah hafal dalam kehidupan sehari-hari.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *