Kompetisi Sains Muslim Indonesia (KOSSMI)

Prestasi dan kesempatan untuk bertanding dalam kompetisi sains, belum tersebar secara merata di semua siswa muslim di tanah air. Terlihat hanya beberapa madrasah dan sekolah yang bisa berprestasi di ajang kompetisi sains nasional, kompetisi sains madrasah dan kompetisi sains lainnya. Untuk memberi ruang bagi siswa-siswa muslim, baik yang bersekolah di Madrasah, Pesantren, Sekolah umum maupun Homeschooling berlomba dalam suasana kompetisi yang sehat, maka Abak Academy bekerjasama dengan Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS) menyelenggarakan Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia (KoSSMI). Kompetisi ini diharapkan dapat melahirkan calon saintis muslim Indonesia di masa depan. Kelak mereka diharapkan mampu berkontribusi layaknya ilmuwan-ilmuwan muslim di masa lampau yang sangat mempengaruhi perkembangan sains modern.

Kompetisi Sains Muslim Indonesia (KOSSMI) adalah sebuah ajang berkompetisi dalam bidang sains yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. kegiatan ini menjadi wahana bagi siswa madrasah untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, sekaligus menumbuhkembangkan budaya kompetisi yang sehat, serta memotivasi mereka untuk terus meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spriritual.

memanfaatkan teknologi digital berupa Artificial Intelligence (AI) atau Kecerdasan Artifisial untuk mengukur dan menguji integritas peserta.ada sejumlah bidang yang dilombakan. Pada jenjang MI, lomba dibagi pada dua bidang: Matematika Terintegrasi dan Sains IPA Terintegrasi. Untuk MTs, ada tiga bidang lomba, yaitu Matematika Terintegrasi, IPA Terpadu Terintegrasi, dan IPS Terpadu Terintegrasi.

Kompetisi Sains Siswa Muslim Indonesia bertujuan untuk:
1. Meningkatkan kualitas siswa muslim melalui penumbuhkembangan motivasi meraih prestasi.
2. Menyediakan ruang bagi siswa muslim baik yang bersekolah di Madrasah, Pesantren, Sekolah umum dan Homeschooling 3. untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains dan matematika.
3. Memotivasi siswa muslim agar selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama
4. Memberikan kesempatan yang sama bagi siswa muslim dalam belajar, berkreatifitas dan berprestasi.
5. Terjaringnya calon saintis muslim di masa depan yang bisa dibina untuk berbagai kompetisi sains lanjutan.

Sasaran

Adapun sasaran dari KoSSMI adalah seluruh siswa muslim dari kelas 1 sampai dengan kelas 12 baik mereka yang duduk di bangku Madrasah, Pesantren, Sekolah umum maupun Homeschooling. Peserta dapat merupakan utusan pribadi maupun utusan sekolah /Madrasah/Pesantren/Homeschooling. Setiap Satuan Pendidikan dapat mengirimkan maksimal 10 siswa untuk setiap bidang dan jenjang.

Bidang dan Level

Kompetisi ini akan dibagi menjadi dua bidang yaitu Matematika dan IPA.
Di mana setiap bidang yang akan dilombakan dibagi menjadi empat level, yaitu :
Level 1. Ibnu Sina (kelas 1-3 SD/MI/Sederajat)
Level 2. Alkhawarizmi (kelas 4-6 SD/MI/Sederajat)
Level 3. Jabir Ibnu Hayyan (kelas 7-9 MTs/SMP/Sederajat)
Level 4. Ibnu Haitham (kelas 10-12 MA/SMA/Sederajat)

Tahapan Kompetisi

Mengingat situasi pandemi saat ini, maka KoSSMI 2021 akan dilaksanakan secara online dengan tiga tahapan.
Tahap 1 Babak Penyisihan : Diikuti oleh semua siswa yang mendaftar
Tahap 2 Semifinal : Diikuti oleh 100 besar nasional dan tiga besar setiap provinsi
Tahap 3 Final : Diikuti oleh 25 besar nasional dan TERBAIK setiap provinsi

Jadwal KoSSMI 2021

Pendaftaran : s.d 15 Februari 2021
Babak Penyisihan : 27-28 Februari 2021
Babak Semifinal : 27-28 Maret 2021
Babak Final : 24 – 25 April 2021
Pengumuman Pemenang : 2 Mei 2021

Peserta

Peserta dapat berupa utusan pribadi maupun Satuan Pendidikan (Madrasah, pesantren, sekolah, homeschooling) dari kelas 1 s/d kelas 12 sesuai dengan level yang dikompetisikan.

kegiatan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 27 Februari 2021 diikuti oleh siswa dan siswi madrasah tsanawiyah yang wakili oleh
Putra
1. Fhadil pratama Nugraha dari kelas 1c
2. Muhammad nurdin dari kelas 2a
3. Nabhan waliyul amri dari kelas 3a
dan
Putri
1. Fina emilia dari kelas 1a
2. Benaya nusantari kurniawan dari kelas 2a
3. Nailah ari setiyani dari kelas 3a

kegiatan ini didampingi oleh Ust salman al-farisi S.Stat dan Usth. Sri Mulyati S.Hut, di Ruang Rapat MTs.

Tim Akademik

Tim akademik yang terdiri dari tim pembuat soal dan tim juri adalah para akademisi perguruan tinggi dan/atau tenaga ahli lain di bidang Matematika/IPA yang berpengalaman dengan kompetisi sains dan ditunjuk oleh Abak Academy dan Surya Institute for the Promotion of Science SIPS.

Penyelenggara

Keseluruhan rangkaian kegiatan KoSSMI mulai dari Promosi, Pendaftaran, Penyelenggaraan lomba dan hal lain terkait dengan event ini dilaksanakan oleh Tim Abak Academy dan Surya Institute for the Promotion of Science (SIPS).

Keunikan KoSSMI

Yang menjadi pembeda dari kompetisi ini adalah, adanya level siswa tingkat rendah yang dipertandingkan, penamaan level menggunakan nama saintis muslim untuk memotivasi peserta, satu-satunya ajang yang menggabungkan siswa muslim dari berbagai Satuan Pendidikan serta satu-satunya kompetisi yang menggabungkan IPA untuk jenjang MA/SMA

Silabus/Materi Lomba

Materi lomba disesuaikan dengan KSN dan KSM di mana untuk babak penyisihan, materi yang dilombakan setara dengan KSN dan KSM Kab/Kota, babak semifinal setara dengan KSN dan KSM tingkat propinsi dan babak final setara dengan KSN atau KSM tingkat nasional.

Soal-soal yang dilombakan terdiri dari tiga kelompok yaitu soal konsep dan teori, soal berpikir kritis dan logis serta soal terintegrasi ke-Islaman.

Pemenang

Untuk setiap level dan bidang, panitia akan memilih 2 orang Gold medalist, 3 Silver medalist, 5 Bronze Medalist dan 5 Honourable mention.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *